Sunday, June 14, 2009

All about Blackberry: Battery!


Blackberry Tidak seperti hape biasa. Karena banyak nya teknologi yang terdapat di dalam nya seperti email, chatting, wifi yang dapat menyebabkan penggunaan baterai nya cepat boros. Banyangkan aja bila kita on-line massenger sepanjang hari atau mennggunakan fasilitas push mail nya dari bangun tidur sampai mau tidur lagi malem nya, bisa di pastikan nggak kuat tuh baterai nya.

Apalagi beberapa tipe blackberry yang sekarang sudah di lengkapi dengan teknologi GPS dan Wifi yang kadang di pantengin terus seharian di jalanan,atau bagi para crackberry yang autis sama gamenya, sudah bisa di pastikan tuh klo baterai yang nggak awet bisa jadi masalah besar.

Jadi, ada beberapa tips nih lumayan sederhana tapi hasil nya memuaskan.

  • Set brightness pada backlight-nya agar tidak terlalu terang. Masuk ke Option > Screen/Keyboard >Backlight Brightness -> (Set tidak lebih tinggi dari 50). Lebih rendah lebih bagus.
  • Set Auto Dim Backlight. Masuk ke Options >Screen/Keyboard >Auto Dim BackLight -> Settingan ini secara otomatis akan membuat backlight brightness di bawah settingan di atas tadi. Oleh karena itu, set brightness yang barusan serencah mungkin dan bikin setting ini menjadi auto pada saat diperlukan.
  • Turunkan backlight timeout. Masuk ke Options > Screen/Keyboard >Backlight timeout -> Set menjadi 30 seconds atau klo bisa lebih rendah lagi.
  • Matikan LED indicator. Masuk ke Options > Screen/Keyboard > LED coverage indicator > set ke off.
  • Key Tone tidak perlu bunyi kalau memang tidak perlu. Masuk ke Options > Screen/Keyboard > Key Tone -> set ke off.
  • Fitur Getar tak terlalu tinggi. Masuk ke Profiles > Advenced (Active) > Bila fitur getar (vibrate) di gunakan untuk telepon, SMS,IM, set vibrasinya tidak lebih dari 2, Fitur getar yang sering terjadi ini cukup memboroskan batere.
  • Kita Juga bisa mengurangi jumlah beeps. Misalnya set ke 1 tapi volumenya di set tinggi. Atau beeps nya jadi dua, tapi volumenya sedang.
  • Bikin profile Tone Only. Profile > Advanced > (active) -> Set semua profile Out of Holster menjadi Tone Only. Sedapat mungkin jangan terlalu banyak menggunakan fitur vibrate (getar) atau gabungan tone dan vibrate untuk tone ini.
  • Set email filters untuk membelokir pesan-pesan yang tidak perlu yang masuk ke email kita. semakin sedikit pesan yang masuk ke dalam blackberry kita akan semakin membuat hemat batere.
  • Set wireless nya off apabila anda tidak ada di jaringan yang ada wireless nya. Blackberry akan mencari terus signal wireless, batere akan cepat habis.

Pengalaman gue yang sudah mencoba tips ini sangat membantu karena yang tadi nya batere blackberry yang cuma tahan dari pagi sampe sore dalam keadaan aktif IM, Mail dan Browsing, setelah mencoba tips ini

No comments:

Post a Comment