Tuesday, June 16, 2009

Jailbreak and Unlocking Iphone

Tak sedikit pengguna iPhone yang gerah karena fitur yang mereka harapkan hadir secara default ternyata belum ditanamkan. Sebagian besar permintaan tersebut sudah Apple penuhi dengan akan dirilisnya iPhone Software Update 3.o di antaranya fitur copy–paste, MMS dan lain-lain. Namun ini tidak menjadi halangan bagi pengguna iPhone OS 2.x sebab beberapa pihak pengembang membuka akses open-source ke iPhone sehingga bisa dimodifikasi semau pengguna. Hal ini sering disebut jailbreak. PERHATIAN :

Proses unlocking hanya bisa dilakukan untuk iPhone 3G dengan baseband 02.28.00 (dapat dicek di Settings–About–Modem Firmware)

a. Bagi pengguna iPhone 3G Resmi :

  • Dengan melakukan proses unlocking, berarti anda siap menanggung resiko kehilangan garansi terbatas 1 tahun iPhone anda dari operator. Namun tidak untuk proses jailbreaking.
  • Kemungkinan kerusakan pada perangkat anda bisa saja terjadi.
  • Kami hanya menyediakan tutorial ini. Segala resiko diakibatkan oleh proses jailbreak dan unlock ini menjadi tanggung jawab anda sendiri.

b. Bagi pengguna iPhone 3G Factory Unlock :

  • Jangan lakukan proses unlock karena iPhone 3G anda sudah secara resmi ter-unlock. Sehingga, anda hanya memerlukan proses jailbreaking saja.
  • Kemungkinan kerusakan pada perangkat anda bisa saja terjadi.
  • Kami hanya menyediakan tutorial ini. Segala resiko diakibatkan oleh proses jailbreak dan unlock ini menjadi tanggung jawab anda sendiri.

Tutorial ini khusus untuk pengguna Mac OS X saja. Pengguna Windows pun dimungkinkan melakukan proses ini sedikit berbeda dalam hal perangkat lunak.

Proses Jailbreak (untuk pengguna iPhone OS 2.2.1)

Perangkat lunak yang dibutuhkan :

Cara :

  1. Unduh semua perangkat lunak yang dibutuhkan. Jangan lupa perbaharui Mac OS X hingga versi 10.5.7 supaya sistem lebih stabil.
  2. Koneksikan iPhone 3G anda.
  3. Jalankan aplikasi QuickPwn. Secara otomatis, QuickPwn akan mendeteksi jenis iPhone yang anda gunakan dan mencari firmware yang sudah diunduh sebelumnya.
  4. QuickPwn akan menanyakan apakah gambar logo Apple di saat booting ingin dirubah atau tidak. Itu tergantung pilihan anda.
  5. Selanjutnya, QuickPwn akan memodifikasi firmware yang ada. QuickPwn pun akan meminta kata sandi anda untuk melanjutkan proses modifikasi.
  6. Lalu, ikuti langkah–langkah yang diminta oleh QuickPwn, yaitu proses untuk mengubah iPhone ke dalam mode DFU. Langkah tersebut : matikan iPhone - tekan tombol Sleep dan Home selama 10 detik - lepas tombol Sleep dan tetap tekan dan tahan tombol Home selama 10 detik kedua.
  7. Maka, iPhone akan memasuki mode DFU dan iPhone di-jailbreak.
  8. Setelah proses jailbreak selesai, maka muncul aplikasi Cydia.

Proses Unlocking :

  1. Buka aplikasi Cydia.
  2. Cari aplikasi bernama Yellowsnow.
  3. Pilih tombol “Install” di pojok kanan atas.
  4. Lalu, pilih tombol “Confirm”.
  5. Maka, Cydia akan mengunduh Yellowsnow dan secara otomatis, memasangnya di iPhone anda.
  6. Lalu, pilih “Return to Cydia” dan kembali ke Home Screen.
  7. Restart iPhone dengan cara mematikan dan menyalakan kembali.
  8. Maka, iPhone anda bisa menggunakan SIM card apa saja.

Semoga, panduan ini dapat membantu anda.

No comments:

Post a Comment